Senin, 15 Maret 2010

Green Zone

HAVE READ : TIMES

Pemicu meledaknya perang Irak adalah keyakinan bahwa di negeri yang dipimpin oleh Saddam Hussein ini tersimpan sejumlah senjata pemusnah masal yang disembunyikan di suatu tempat di negeri ini. Berbekal keyakinan itu, pemerintah Amerika memerintahkan Chief Warrant Officer Roy Miller (Matt Damon) untuk mencari tahu lokasi senjata berbahaya ini.
Informasi lokasi senjata pemusnah masal ini jelas tak bisa didapat dari pihak Irak yang bersikukuh bahwa mereka tak memiliki senjata seperti yang dituduhkan pemerintah Amerika ini. Terpaksa Roy harus melacak lokasi senjata ini hanya dengan berbekal berbagai informasi yang didapatnya dari pihak intelejen. Meski sudah mendapat bantuan peralatan canggih, tetap saja pekerjaan ini bukan pekerjaan tanpa resiko.
Roy dan timnya harus menyisir padang pasir yang dipenuhi ranjau darat. Di tengah penyelidikan ini Roy mulai curiga bahwa ada sebuah konspirasi besar yang berusaha menutupi apa yang sebenarnya terjadi di Zona Hijau ini. Roy tahu bahwa pihak intelejen dari kedua belah pihak sedang berusaha membuat cerita yang menguntungkan pihak mereka masing-masing. Di saat genting seperti ini, kebenaran adalah senjata yang paling ditakuti.
Berbekal pengalamannya sebagai jurnalis televisi Paul Greengrass membuat film berjudul GREEN ZONE ini. Dan hasilnya memang cukup bagus. Paul mampu membawa kesan penonton sedang berada di Irak di saat Amerika sedang melancarkan invasi ke negeri 1001 malam itu. Sayangnya di titik tertentu gerakan kamera yang tidak stabil malah membuat film ini terasa sebagai sebuah chaos.
Sebenarnya langkah Paul Greengrass sudah tepat. Ia mengambil buku karya Rajiv Chandrasekaran sebagai dasar dibuatnya cerita film ini dan pemilihan materi dasar yang sudah kokoh ini membuat Brian Helgeland jadi lebih mudah menyusun naskah film ini. Memang film ini tak sepenuhnya didasarkan pada buku berjudul IMPERIAL LIFE IN THE EMERALD CITY itu dan kisah maupun tokoh dalam film ini hanyalah fiksi semata namun kepiawaian Paul dan Brian membuat cerita yang sebenarnya fiksi itu jadi terlihat logis meski di sana-sini masih ada celah dalam logika.
Perang memang tak harus jadi tema yang berat karena Paul sepertinya memilih menyajikan GREEN ZONE ini sebagai hiburan ala BOURNE dan sepertinya itu bukan sekedar dugaan karena Paul juga sempat menggarap dua film BOURNE dan Matt Damon juga muncul di sini. Mungkin karena sudah terbiasa berkolaborasi, Matt sepertinya tak mengalami kesulitan menerjemahkan kemauan sang sutradara.
Matt Damon memang jadi titik pusat film ini dan pada titik tertentu pula ini malah jadi kelemahan film ini. Kesan sedang menyaksikan film RAMBO tak bisa dihindari. Akhirnya suspense dan alur kisah yang sebenarnya bisa jadi credible itu malah sedikit berantakan. Tapi terlepas dari itu, GREEN ZONE tetaplah sebuah film yang layak ditonton.(kpl/roc)
Genre:War
Release Date:March 12, 2010
Director:Paul Greengrass
Script:Brian Helgeland, Rajiv Chandrasekaran
Producer:Tim Bevan, Eric Fellner, Lloyd Levin, Paul Greengrass
Distributor:Universal Studios
Duration:-
Budget:US$100 million
Official Site:www.greenzonemovie.com

Share |

READ OTHER INFORMATION :



Page Hits Counter

0 komentar: